Pages

Subscribe:

Info Teknologi – Teknologi Baru Layar Sentuh ‘Mendengar’ Ketukan Anda

Info TeknologiKetika debut iPhone dengan layar sentuhnya muncul, orang menjadi terkagum-kagum. Alih-alih menekan dengan stylus di layar PDA kuno, pengguna dapat menggunakan jari-jari mereka untuk menyeret, mengklik, dan membuka aplikasi. Suatu cara mudah mengoperasikan smart phone dan teknologi lainnya.

Akan tetapi sebenarnya layar sentuh dapat berbuat lebih banyak lagi – yaitu mendengarkan – kata Chris Harrison, pendiri Qeexo. Perusahaan yang baru saja memulai debutnya dalam teknologi baru yang disebut FingerSense yang menambahkan sensor akustik kecil di dalam smartphone untuk mendengarkan dan mengukur getaran dari objek yang menyentuhnya. (Teknologi ini dapat digunakan dalam tablet, juga).

Layar yang dimodifikasi dengan mudah dapat memberitahu, misalnya, perbedaan antara mengetukkan ujung jari dan mengetuk meja – sama seperti kita membedakan antara mengetukkan jari-jari kita dan mengetuk ujung jari kita di atas meja. Finger Sense juga dapat mendaftarkan ujung kuku, yang tidak memiliki efek pada layar sentuh biasa yang bergantung pada gangguan listrik yang disebabkan ketika seseorang menyentuh layar kapasitif seperti yang ditemukan pada smartphone dan tablet.

Dalam sebuah demonstrasi di New York Tek Meetup pekan ini, Harrison menunjukkan bagaimana teknologi ini bisa memicu fungsi tambahan. Ketika menyentuh layar dari smartphone Samsung Galaxy S III yang dimodifikasi dengan ujung jarinya, itu bekerja seperti layar sentuh kapasitif lainnya, yang memungkinkan Harrison, dalam hal ini, untuk menelusuri dan memilih foto untuk dilihat. Akan tetapi ketika ia mengetuk layar menggunakan buku jarinya, layar menunjukkan menu popup (seperti analog yang muncul saat Anda mengklik kanan mouse Anda) yang berisi pilihan seperti email foto atau mengirimnya ke Facebook.

Karena tidak bergantung pada sifat listrik dari pengguna, FingerSense juga dapat mendaftar benda lain. Misalnya, Harrison menggunakan stylus untuk menggambar pada layar smartphone, meskipun Galaxy S III standar tidak dirancang untuk bekerja dengan stylus. Jika menyentuh layar membuat getaran, layar bisa membacanya dan ini akan bekerja.

Tidak ada komentar: